Laman

Sabtu, 07 Mei 2011

Dampak Negatif Facebook

Technorati Tags: ,,

Banyak orang yang mengaku tercandu dengan web jejaring social ini. Mungkin facebook banyak manfaatnya. Mencari teman lama, fbberkomunikasi dengan orang lain tapi bertatap muka langsung,dll. Tapi ingatlah disamping manfaatnya, bnyak dampak samping yang didapat.

1. Terbuangnya waktu. Akibat tercandu dengan facebook, mungkin kita akan lupa waktu dan banyak kegiatan/ tugas yang seharusnya kita lakukan namun terabaikan.

2. Hati-hati memasang status di facebook. Ada tragedy seorang istri ketika mengganti statusnya menjadi single. Sang suami marah tanpa berpikir panjang langsung menghabisi istri Dan hal ini telah terjadi 2 kali

3. Hati-hati menaruh foto di facebook. Karena tersambung dengan dunia internet, orang bias mengakses secara bebas. Termasuk meng-edit foto kita sedemikian rupa yang berbau negatif dan menyebarkannya di milis atau forum. Pasanglah foto-foto di facebook dengan bijak. Mungkin dengan membatasi akses bias lebih berguna seperti menggunakan fasilitas privat foto.

Cara menghindarinya :

1. Jangan gunakan indentitas asli saat mendaftar maupun sedang ber-Facebook-an.

2. Waspada atau hati-hati kepada orang yang belum kita kenal.

3. Ajak teman pada saat ingin berjumpa dan hidarkan apa bila di ajak ke tempat yang sepi

4. Gunakan Facebook yang labih berguna dan bermanfaat saja.

5. Hindari Facebook-an yang mengarah dari perbuatan negatif.

6. Orang tua harus megawasi anaknya setiap saat kalau perlu diperketat pengawasanya. Semoga dengan beberapa cara ini kita sebagai orang tua dapat mengantisipasi sedini mungkin agar kaum remaja yang menjadi tumpuan bangsa ini tidak terjebak asesuatu yang tidak kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar